Adiwiyata SDN Bojong 1

Adiwiyata SDN Bojong 1

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Istilah dan Manfaat Adiwiyata

Adiwiyata terdiri dari dua kata yaitu Adi dan Wiyata Beberapa istilah yang terdapat dalam Adiwiyata di antaranya
  • 1. Sekolah Adiwiyata
  • 2. Adiwiyata Mandiri
  • 3. Piala Adiwiyata
  • 4. Indikator Adiwiyata
  • 5. Jurnalisme Adiwiyata Bermitra
Program Adiwiyata terbukti mencipatakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan
Berikut di antara manfaat yang diuraikan jika memprogramkan Adiwiyata ;
  • Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  • Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  • Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  • Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah

SD Negeri Bojong 1 tahun ini mempersiapkan diri untuk menjadi Sekolah Adiwiyata. Dengan segala keterbatasan sumber daya SD Negeri Bojong 1 berusaha untuk menjadi tempat yang nyaman bagi para peserta didik untuk menimba ilmu. Bukan hanya di dalam kelas, tetapi di setiap sudut yang ada di sekolah, para stakeholder berjuang agar sekolah ini menjadi tempat yang sangat menarik bagi peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan Adiwiyata di SD Negeri Bojong 1 dimulai dengan membuat sekolah agar nampak lebih hijau dan asri, selain itu pula hal yang lebih mendasar adalah menumbuhkan karakter peserta didik yang peduli lingkungan. Karena hal itu sangat bermanfaat untuk peserta didik, kepedulian peserta didik terhadap lingkungan adalah dasar menciptakan lingkungan yang baik disekitar tempat tinggal.


Keberadaan guru-guru SD Negeri Bojong 1 yang begitu semangat melaksanakan program Adiwiyata.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pandemi di SDN. BOJONG 1 KECAMATAN PINANG KOTA TANGERANG